Status Berwajah "Perangkap Setan"

SQ Blog - gomomg-ngomong, pernah tidak menjumpai atau mendapatkan atau bahkan membuat sendiri bentuk pertanyaan-pertanyaan yang sulit bahkan sangat sukar untuk dijawab? Kalau seorang pelajar, boleh dikata tiap hari dong menjumpai soal-soal sulit, tapi bukan itu admin maksud. Tetapi yang satu ini, status-status di media sosial dalam bentuk pertanyaan. Biasanya di kemas dalam bentuk gambar, kemudian terdapat pilihan, IBU, TEMAN, PACAR atau apalah opsi (option: pilihan ) lainnya, kayak milih menu sarapan aja yang di dahului pertanyaan yang lumayan membingungkan.

Sudah terbanyang belum, supaya urusan lancar, iyakan saja dulu,.. heheheee. Berikut beberapa contohnya.

Admin menyebut status jenis ini, sebabagai salah satu "perangkap setan". Status ini dan saudara-saudaranya, bukan saja sulit dijawab, tetapi juga tidak pantas ditanyakan sehingga harus diabaikan. Mereka yang dangkal pengetahuannya akan melayani pertanyaan itu sehingga pada akhirnya ia menjerumuskan dirinya dalam kesulitan. Sesungguhnya yang demikian termasuk permainan setan dan ia menikmati betul permainannya sambil melihat kamu (siapa saja) kesulitan sampai kamu terjerumus dalam sebuah kesalahan.

Ini mengingatkan kita, setan lihai betul memanfaatkan "keterbatasan pengetahuan" seseorang untuk menjerumuskannya. Selain KETERBATASAN PENGETAHUAN, KEINGINAN MENDALAM (sebagaimana keinginan Nabi Adam a.s hidup kekal di sorga dan setan berhasil menggodanya) dan NAFSU DUNIAWI (seperti para koruptor dan lainnya) merupakan diantara pintu-pintu atau perangkap setan bagi manusia. Jadi, waspadalah!

Kembali ke topik, jadi keterbatasan pengetahuan merupakan salah satu perangkap setan untuk menjerumuskan manusia sebagaimana penampakannya berupa "status bentuk pertanyaan-pertanyaan menyulitkan" seperti disebutkan di atas. Di sini, setan berusaha menabur keraguan melalui pertanyaan-pertanyaan yang tidak mudah dijawab oleh yang bersangkutan. Mari kita mengingat kembali pesan Nabi:

يَأْتِي الشَّيْطَانُ أَحَدَكُمْ فَيَقُولُ مَنْ خَلَقَ كَذَا مَنْ خَلَقَ كَذَا حَتَّى يَقُولَ مَنْ خَلَقَ رَبَّكَ فَإِذَا بَلَغَهُ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ وَلْيَنْتَهِ. (رواه البخاري و مسلم)

"Setan akan datang kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia bertanya: 'siapa yang menciptakan ini? siapa yang menciptakan itu?' Sampai akhirnya, ia bertanya: 'siapa yang menciptakan Tuhanmu?' Maka bila ia sampai kepada pertanyaan ini, hendaklah ia berhenti (melayani pertanyaan-pertanyaan semacam ini)." [H.R. Bukhari dan Muslim]

Hadis di atas dapat kita pahami untuk bersikap hati-hati dan tidak perlu mengomentari atau menjawab jenis status semacam ini yang dapat dipahami dari ungkapan (فَإِذَا بَلَغَهُ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ وَلْيَنْتَهِ) maka bila ia sampai kepada pertanyaan ini, hendaklah ia berhenti melayaninya. Pesan hadis ini juga mengingatkan kita untuk menjauhi pertanyaan-pertanyaan yang tidak pantas ditanyakan.

Sikap diam dari status macam ini menunjukkan kehebatan kamu (ehh maksudnya kadar keimananmu) yang Nabi ungkapakan dengan (ذاك صريح الإيمانن). Karenanya, sikap diammu dari status ini sama sekali tidak menunjukkan kebodohanmu untuk menjawabnya tetapi sebaliknya menunjukkan kepintaranmu.

Hadis tersebut berbicara dalam konteks proses keimanan dalam diri. Bahwa keraguan dalam diri seseorang wajar karena itu dapat mengantarkannya pada tingkat keimanan yang tinggi sebagaimana Nabi Ibrahim menanyakan bagaimana Allah menciptakan yang mati. Bukan karena tidak percaya, tetapi untuk memantapkan keyakinannya. Di sini kami kaitkan dalam konteks bahwa pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita adalah wajar dan tidak selalu harus diungkapkan. Kita harus yakin suatu saat akan terjawab.

Dengan demikian, bagi yang mengasah nalar dan jiwanya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan akan dipilah lalu dipilih mana pertanyaan yang benar sehingga boleh dijawab, dan mana pula yang sejak semula telah keliru sehingga tidak perlu dilayani karena pasti akan keliru pula jawabannya.

Tapi yang kayak ini, saya yakin nggak ada problem dan sobatlah yang lebih tahu,....

SEKIAN SOBAT, semoga bermanfaat!

Labels: ,

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.