Tips Penomoran Angka Romawi pada Microsoft Word

SQ Blog - Penomoran pada suatu file atau dokumen merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Kali ini SQ Blog berbagi sedikit mengenai teknik memberi angka romawi pada halaman Microsoft Word. Berikut Langkanya:

1. Buka lembaran kerja sobat pada MS. Word, kebetukan ana sudah menggunakan MS. 2010  bahkan versi 2013 juga telah hadir. Namun saran kami, penggunaan versi terbaru haruslah atas pertimbangan yang matang. Jika sobat mengetik pada versi 2007 aja kemudian di print di versi 2010, banyak format file yang berubah. Ini tentunya butuh kerja dua kali. Tapi, tentunya dengan versi terbaru akan menghadirkan berbagai kelebihan dan kemudahan dari versi sebelumnya.. ehh kok malah ke sini pembahasannya, yuk kembali ke Laptop !!!

2. Pada Tob MS. Office, pilih >>Insert

3. Kemudian klik >>Page Number dan pilih >>Bottom of Page, >>Plain Number 2

Gbr. 1 : Memberi Nomor pada Halaman MS. Word
4. Halaman MS. Word anda menajadi seperti berikut, pada posisi ini pada tab MS. Word akan muncul juga Tab Header and Footer Tools. Ini dikarenakan sobat telah berada pada posisi Header ataupun Footer. Sebab itu, bisa juga sobat hanya mengklik  kiri 2x pada Header atau Footer untuk memuncukkan tabnya. Untuk mengembalikannya, klik 2x juga (di tengah) pada Halaman kerja !!

Gbr. 2 : Tab Header dan Footer Muncul
5. Langka selanjutnya adalah merubahah nomornya menjadi angka romawi

6. Pada Tab Header and Footer, Pilih >> Page Number, dan klik>>Format Page Number

Gbr. 3 : Hasil Sementara Penomoran MS. Word
7. Pada halaman Format Page Number, ubah seperti berikut:

Gbr. 4 : Pilihan Format Page Number
  1. Number Format : berisi pilihan bentuk penomoran pada Halaman, bisa dengan angka, abjad, huruf hija'iyah dan termasuk angka romawi
  2. Continue from previous section : artinya meneruskan halaman sebagaimana mestinya
  3. Start at : untuk mengawali nomor halaman sebagaimana yang kita kehendakI
7. Lihat hasilnya !!!

Gbr. 5 : Hasil Penomoran dengan Angka Romawi
Note, Pada halaman yang telah anda buat, jangan lupa untuk menyesuaikan font dan ukurannnya sesuai yang anda gunakan. Caranya seperti pada pengeditan teks lpada umumnya di Tab Home.

Oleh: Hasrul

Tips memberikan angka romawi di microsoft word, memberikan angka romawi di word

Labels:

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.