DESKRIPSI UMUM PEMBAHASAN
Penyebaran mushaf ke beberapa wilayah Islam sudah dimulai sejak pertama kalinya al-Quran dikodifikasikan, yakni pada masa kekhalifaan Usman bin Affan yang biasa disebut sebagai mushaf Imam. Penulisannya yang belum menggunakan medium kertas dan tinta yang tahan lama pun mengakibatkan mushaf tersebut tidak dapat kita jumpai lagi sekarang. Dalam perihal kelestarian mushaf kuno pada masa kini banyak media khusus yang mengabarkan akan keberadaan beberapa mushaf kuno yang berasal dari berbagai negeri di dunia Islam.
Kajian beberpa karakteristik singkat tentang mushaf-mushaf dunia Islam yang dipublikasikan oleh Collin F. Baker yang mencakup manuskrip dan mushaf yang berasal dari wilayah Mamluk (Mesir), Iraq (Persia), Turki, Afghanistan, India, Maghrib (Maroko), Afrika Barat, Granada (Spanyol) dan Cina. Selaian itu terdapat pula beberapa mushaf abad ke-5 hingga abad ke-11 H, koleksi perpustakaan al-Quran Raja Fahd, Madinah. Adapun dalam resume kali ini, hanya mencakup mushaf Timur Tengah, mushaf Mamluk (Mesir), mushaf Iraq (Persia) dan mushaf Asia Tengah.
Untuk kepentingan umat Islam di Indonesia, Mushaf al-Qur’an Rasm Utsmani dan Mushaf al-Qur’an “Bahriyah” kemudian ditulis oleh putra Indonesia. Mushaf dengan rasm utsmani oleh khatthat Ustdz Muhammad Syadzali Sa’ad, dan mushaf “Bahriyah” ditulis oleh Ustadz Abdur Razaq Muhili, tahun 1984-1989. Sedangkan mushaf Bralille diterbitkan dan diproduksi, di antaranya oleh Koperasi Karyawan Abiyoso, Bandung. Demikianlah sekilas perkembangan penulisan mushaf di Indonesia yang diawali dengan semangat masing-masing penerbit dalam kegiatan tersebut. Penulis merasa cukup pendahuluan di atas untuk memulai materi kajain mushaf ini sejak tahun 1933 sampai 1983.
ASPEK TEKS DAN VISUAL MUSHAF TAHUN 1933-1983
a. Aspek Teks
NO | MUSHAF | ASPEK
TEKS 1 |
||
Rasm | Qira'at | Tanda Baca | ||
1 | Timur Tengah | Imla’i dan Usmani pada kata tertentu |
Hafazh (Asim) | Harakat
biasa kecuali harakat sukun dengan lingkaran penuh, fathah miring pada Allah |
Tanda Tajwid | Pembagian Teks | Teks Tambahan | ||
Pada Iqlab, mim tanpa tanda Imalah | - | - | ||
2 | Mamluk (Mesir) |
Rasm | Qira'at | Tanda Baca |
Imla’i | - | Harakat
biasa, Tanda waqaf: dengan huruf berwarna merah |
||
Tanda Tajwid | Pembagian Teks | Teks Tambahan | ||
Tanda tajwid: dengan tulisan berwarna merah | - | - | ||
3 | Iraq (Persia) | Rasm | Qira'at | Tanda Baca |
Imla’i | - | Titit merah, harakat biasa | ||
Tanda Tajwid | Pembagian Teks | Teks Tambahan | ||
dengan tulisan berwarna merah | - | - | ||
4 | Asia Tengah | Rasm | Qira'at | Tanda Baca |
Imla'i dan Utsmani | - | harakat
biasa Tanda waqaf: dengan huruf berwarna merah |
||
Tanda Tajwid | Pembagian Teks | Teks Tambahan | ||
dengan tulisan berwarna merah | - | - |
b. Aspek Visual (Perwajahan)
NO | MUSHAF | ASPEK
VISUAL (PERWAJAHAN) |
||
Kaligrafi | Iluminasi | |||
1 | Timur Tengah | Naskhi | Lengkung awal disekitar baris tulisan,, terdapat garis pembatas dengan motif hiasan rantai | |
Jilidan | Ukuran | Kertas | ||
Pada Iqlab, mim tanpa tanda Imalah | - | Dluwang | ||
2 | Mamluk (Mesir) |
Kaligrafi | Iluminasi | |
Naskhi | Hiasan halaman al-Fatihah dan al-Baqarah, lingkaran akhir ayat dan akhir surah | |||
Jilidan | Ukuran | Kertas | ||
- |
- | - | ||
3 | Iraq (Persia) | Kaligrafi | Iluminasi | |
IKufi’ timur, Tsuluts (nama surah), Mahaqqaq, Naskhi | Hiasan pembatas kertas, hiasan pada khums | |||
Jilidan | Ukuran | Kertas | ||
- | - | - | ||
4 | Asia Tengah | Kaligrafi | Iluminasi | |
Tsuluts | Hiasan halaman awal, pembatas surah, dll | |||
Jilidan | Ukuran | Kertas | ||
- | - | - |
Postingan ini merupakan betuk resume dari kajian Mushaf Dunia Islam. Tentunya belum sepenuhnya memuat keseluruhan dari judul ini. Anda dapat mengembangkannnya sendiri dengan menelusuri tulisan dan literatur terkait lainnya. Kajian lain dalam tema ini dapat anda lihat dibawah ini:
pdf Download
Scrib : Disini
SlideShare : Disini
Sekian Sobat - Salam SQ BLOG
Posting Komentar