Solusi Hardisk yang Terkena Virus Shortcut

SQ Blog - Tips cara ampuh mengembalikan Hardisk Eksternal yang terkena VIRUS SHORTCUT. Bermula ketika seorang teman meminta untuk dicopykan sebuah file ke laptopnya.


Usai colok flash disknya, terjadilah hal tidak diharapkan. Yaa virus dengan cepat tersebar dalam file hardisk laptop. Salah satu efek yang ditimbulkan virus adalah membuat file atau folder menjadi SHORTCUT dan berukuran 2 KB. Inilah priviewnya:


Bagi sobat yang mengalaminya hal serupa, jangan dulu panik karena virus shortcut hanya meng-hidden file sobat sehingga tidak terbaca di PC. Sebenarnya pada properties, ukurannya masih tetap. Namun disarankan, jangan membukan file apapun pada hardisk untuk menghindari penyebarannya. 

Setelah muter-muter ke sana kemari dan mencoba berbagai cara, akhirnya menemukan cara ampuh mengatasi virus shortcut dan mengembalikan hidden foldernya. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:
  • Buka Command Prompt, caranya pada keyboard tekan secara bersamaan (Tombol windows "Biasanya memiliki logo + R")
  • Setelah muncul, ketik cmd dan pilih OK
  • Cari Hardisk yang akan kita pilih untuk mengembalikan file yang hilang. Misalnya Hardisk sobat ada di F, maka ketik pada jendela CMD F: lalu tekan Enter, viewnya kurang lebih seperti berikut:
  • Selanjutnya, Ketikan perintahnya attrib -h -r -s /s /d kemudian ENTER

Note:
  1. -h : adalah perintah untuk mengunhide seluruh file yang ada di drive F
  2. -r : adalah perintah untuk membuat file-file yang ada di drive F tidak lagi read-only
  3. -s : adalah perintah untuk melepaskan file-file yang ada di drive F dari system agar mudah dihapus
  • Tunggu sampai selesai !!! Lama tidaknya tergantung kapasitas hardisk sobat. Sabar dikit sampai filenya kembali normal, heheheeeee !
Setelah melakukan langka diatas dengan benar, InsyaAllah hardisk akan kembali normal. Lihat hasil hardisk sekarang:


File-filenya telah nampak kembali, Sobat tinggal hapus file yang memiliki type "SHORTCUT" yang terletak dibawah file yang terhidden tadi. Semoga bermanfaat!

Sekian

Posting Komentar

  1. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah .. trimakasih info nyaa broo .. sanggat membantu 😍👍

    BalasHapus

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.