Gelar yang Diberikan Nabi kepada Khulafaur Rasyidin

SQ Blog - Khulafaur Rasyidin adalah empat sahabat nabi yang menjadi khalifah setelah Nabi wafat. Keempat seahat tersebut mendapatkan gelar khusus dari Nabi Muhammad SAW. Gelar sahabat ini diberikan atas karakter dari sifat-sifat mereka yang menonjol.

Abu Bakar As-Shiddiq

Abu Bakar merupakan Khalifah pertama setelah Rasulullah SAW wafat. Gelar baliau adalah As-Shiddiq (Membenarkan). Gelar ini diberikan kepada Abu Bakar karena ia adalah orang yang pertama kali membenarkan pristiwa Isra-Mi’raj Rasulullah.

Suatu pristiwa yang sangat mustahil untuk dapat dipercaya ketika itu karena kemajuan teknologi ketika itu belum seperti saat ini. Namun, Abu Bakar dapat membenarkan atas landasan keimanannya kepada Allah dan Rasul-Nya.

Umar bin Khattab Al-Faruq

Umar adalah khalifah satelah Abu bakar. Beliau seorang sahabar dari bani Adi yang sangat ditakuti oleh setiap orang ketika itu. Gelar baliau ialah Al-Faruq (Sang Pembeda). Ia adalah singa padang pasir, sangat tegas dan tidak takut kepada siapa pun.

Beliau juga memiliki wawasan keilmuan yang luas dan dalam. Sehingga beberapa wahyu turun berkaitan dengan beliau.

Utsman bin Affan Dzunnurain

Utsman bin Affan merupakan khalifah yang ketiga. Kepemimpin beliau sangat berjasa dalam mengumpulkan mushaf-mushaf Al-Quran. Atas jasa beliaulah sehingga kita dapat melihat mushaf Al-Quran seperti saat ini.

Beliau diberikan gelar Dzunnurain (Dua Cahaya) karena menikahi dua anak Dari baginda Rasulullah SAW, yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

Utsman menikah dengan Ruqayyah terlebih dahulu. Setelah Ruqayyah meninggal, Utsman kemudian menikahi adiknya, Ummu Kultsum.

Ali bin Abu Thalib Karramallahu Wajhahu

Ali merupakan khalifah yang terakhir berdasarkan salah satu Hadis Rasulullah SAW. Ia diberi gelar Karramallahu Wajhahu (yang dimuliakan Allah Wajahnya) karena beliau tidak pernah menghadapakan wajahnya di depan berhala.

Ali adalah sahabat yang tidak pernah menyembah berhala selama hidupnya. Rasulullah SAW bersabda, Aku adalah pintunya ilmu, dan Ali adalah kuncinya. Sahabat Ali juga menantu baginda Nabi, yaitu menikah dengan Fatimah.

Sekian
Ditulis Oleh: Hasrul BS

khufaur rasyidin, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib

Labels: ,

Posting Komentar

[blogger][facebook]

SQ Blog

{picture#https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimSap9ccYY8FQp44yNvjVK6lRtOVpD-gpVKKWSk__oyc8ChkbooHIuh52uDXiZGchcOoPlIazgMEjOjQ5r0b-DftM48h8gDub2yWyKzDdH1VSYDrsmbf1qfYgl5hKaEuiAW8WAQeTmErDqcHjIm3C4GJKWRJv52o5uHAW10S2gOWj4o8nMsdahVxSo/s500/sq%20vlog%20official%20logo%20png%20full.png} SQ Blog - Wahana Ilmu dan Amal {facebook#https://web.facebook.com/quranhadisblog} {youtube#https://www.youtube.com/user/Zulhas1}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.